Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Gagalnya Bisnis Online

with 4 comments

Baru-baru ini, seorang teman curhat tentang bisnis yang sedang dijalaninya. Dia yang baru sebentaran menggeluti  bisnis kuliner rupanya tergoda juga untuk merambah bisnis yang lain. Sudah enam bulan ini punya website karena melihat teman-temannya yang lebih dulu sukses menjalankan toko online nya.  Rupanya dia terkena syndrom “rumput tetangga selalu lebih hijau”. Ya.. disaat bisnis kulinernya juga belum jalan dia mau coba-coba bisnis lain yang tentunya harus dipelajari lagi dari awal.

Dia mengeluarkan uneg-unegnya bahwa website nya  belum bisa menghasilkan. Sudah enam bulan ini belum “pecah telor” karena tidak ada satupun prospek yang mau beli produk yang dipajangnya. Cerita-cerita ini mungkin sangat lazim ditemui. Mereka beranggapan bahwa dengan punya website, otomatis pembeli berdatangan untuk bertransaksi dan otomatis uang didapat. Lihat tulisan saya di  benarkah bisnis online itu mudah?

Nah…sebagai seorang pemula juga, akan coba kupas sedikit sebatas yang saya tahu kenapa dia gagal sebagai berikut:

  • Berpikiran instan

Stigma bahwa pengusaha “ngga mau tahu urusan teknis, tinggal minta dibuatin aja webnya, kita tinggal jualan” kayaknya harus dibuang jauh-jauh. Bisnis online identik dengan ketekunan. Ada beberapa step harus dilalui dimulai dengan riset, pemilihan jenis produk, update yang kontinyu dan lain sebagainya.

  • Nama domain kurang klop

Biar dibilang keren, dibuatlah nama domain yang aneh-aneh. kelihatan hebat memang, tapi apa sesuai dengan target market kita? Ingat, nama domain adalah alamat toko kita. Apabila susah diingat apalagi diucapkan tentunya akan sedikit prospek yang mau mampir. Saran saya buatlah sesederhana mungkin…syukur-syukur sesuai dengan keyword yang kita incar..tentunya melalui riset dulu.

  • keyword tidak tepat sasaran

Jika berpikiran kalau kita  ketik kata kunci tertentu, terus bertengger di nomor 1 halaman 1 google, akan otomatis menjadi jawara? belum tentu…Banyak orang terkecoh dengan hal ini, karena tidak semua orang mengetikkan kata kunci sesuai yang ada dikepala kita. Sekali lagi, diperlukan riset untuk kata kunci yang banyak dicari dikaitkan dengan produk yang kita jual.

  • Desain yang complicated

Apabila Anda berpikiran bahwa tampilan yang wah dengan hiasan flash disana sini tapi tidak jelas untuk apa, registrasi yang rumit, desain template ngejreng tapi bikin bingung akan membuat pengunjung nyaman? lupakanlah..Alih-alih mau beli produk kita, terus mau tetap berkunjung di “toko” kita saja sudah untung. Membuat pengunjung betah berlama-lama dengan desain yang simpel tetapi padat, lengkap dan informatif adalah piranti penting dalam bisnis online.

  • Menyerahkan sepenuhnya kepada vendor

Jika Anda belum punya produk sendiri, tentunya harus bekerjasama dengan vendor/suplier tertentu. Nah, untuk point ini…berhati-hatilah. Pilihlah vendor/suplier terpercaya dan berkomitmen tinggi. Bayangkan jika system Anda dalam pengelolaan admin sudah bagus, customer service  handal, database pelanggan yang lengkap, jumlah traffict yang tinggi..seketika akan rusak reputasinya jika berantakan di penyediaan stok dan mengalami banyak keterlambatan dalam memenuhi pesanan. Ingat… jangan pertaruhkan reputasi bisnis Anda dengan memilih rekanan yang kurang kredibel !!!.

  • Target market tidak tepat

Semua sudah paham bahwa apabila akan memasarkan produk tentunya harus kita tentukan target sasaran yang akan kita raih, segmen yang kita garap berikut cara-cara promosinya. Dengan menaruh bermacam-macam produk yang berbeda mirip gado-gado tentunya akan membingungkan pembeli. Saran saya, jual lah produk yang sejenis walaupun bermacam-macam kategory dan pilih cara publikasi yang tepat sasaran.

  • Respon yang lambat

Bagaimana customer akan percaya kalau kita benar-benar berjualan kalau setiap pertanyaan yang masuk tidak kita respon. Kecepatan dalam menjawab akan membuatnya puas walaupun produk yang mereka tanyakan tidak tersedia, setidak-tidaknya mereka akan merasa dihargai.

mungkin ini sebagian dari beberapa point lain yang harus dia hindari kalau ingin sukses dengan bisnis online nya.

Teringat petuah dari seorang master bahwa bisnis adalah seni, yaitu bagaimana cara kita memadukan semuanya itu dalam satu harmoni…Indah Bukan??

Cuma Anda yang paling tahu dengan dengan bisnis Anda.

Jabat Erat,

Mofied

About these ads

Written by Mofied

Juli 27, 2011 at 5:40 pm

Ditulis dalam Internet marketing

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. terimaksih info nya bang mofied, salam kenal…

    alsa shop

    Desember 14, 2011 at 1:20 pm

    • sama2…terima kasih juga sudah mau baca tulisan saya…

      Mofied

      Januari 1, 2012 at 1:52 pm

  2. terima kasih banget mas atas triknya,setuju bahwa gak ada yang instan didunia, semua perlu ketekunan dan kerja keras…

    mardiyanto

    November 16, 2012 at 2:44 pm

    • iya pak..saya juga masih kerja keras untuk ini…hehe

      Mofied

      Maret 24, 2013 at 3:15 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: