Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Sentuhlah Pelangganmu

with 2 comments

Sudah Kami Transfer sebesar 5 Juta sebagai DP pembuatan kostum, mohon segera progress”  begitu bunyi SMS suatu pagi dari seorang customer dari Papua.

Bukan teman,  tidak kenal wajah, ketemu langsung juga belum pernah..hanya berkomunikasi melalui layanan SMS atau paling banter melalui kontak telpon tetapi dia berani bertransaksi dan  mentrasfer sejumlah uang.

Inilah uniknya bisnis online…trust trust trust merupakan kata-kata sakti yang tidak boleh dilanggar dalam berbisnis.

Bagi sebagian pemain online lainnya ini memang hal biasa dan lazim ditemui bahkan angkanya mungkin jauh lebih besar. Menarik bukan?

Oke,  saya tidak akan membahas itu…cuma akan sedikit cerita pengalaman yang ditemui sehari-hari dalam melayani customer kostumbola.com khususnya  cara-cara kita berkomunikasi dan memperlakukan mereka baik baru prospek maupun  yang sudah menjadi klien tetap.

Ingat lho…disamping punya website yang cukup bagus (SEO, content, desain yang oke, fitur testimoni dan sebagainya), ternyata diperlukan seni dan sentuhan tersendiri  sebagai berikut :

  • Nyaman

Membuat mereka nyaman dan aman untuk bertransaksi dengan kita adalah salah satu penentu keberhasilan dalam bisnis online. Jadikan mereka mitra sejajar dalam hubungan timbal balik sehingga dalam benaknya  cuma ada  nama kita. Kalau sudah begini, dijamin tidak akan berpaling ke lain hati.

  • Tahu kebutuhan Mereka

Setiap pengunjung yang datang mempunyai keinginan dan kebutuhan yang berbeda…gali keperluan mereka, dan penuhi jika tersedia atau mampu untuk dikerjakan. Komunikasi yang intensif dan mendengarkan mereka berlama-lama untuk sekedar “curhat” dan berperan menjadi konsultan akan memberikan nilai tambah tersendiri.

  • Anti Lebay

Memberikan service excelent adalah penting dalam melayani pengunjung, tetapi sikap berlebihan dan berkata muluk-muluk akan  berbalik menjadi bumerang. Calon klien kadang-kadang jengah atau yang lebih buruk lagi menjadi kurang percaya kalau apa yang kita sampaikan terlalu over. Usahakan sewajarnya dan katakan apa adanya kalau memang tidak mampu melayani sesuai kebutuhan mereka.

  • Problem solver

Pengalaman menjalankan layanan customized tidak selalu mulus dalam memberikan service. Baik dari ketepatan waktu, spek, maupun jumlah yang kadang-kadang tidak sesuai pesanan sehingga mereka komplain. Untuk kasus-kasus seperti ini  jangan larut terbawa emosi !!! katakan kondisi yang sebenarnya sehingga mereka paham kondisi kita dan berikan solusi terbaik sehingga mereka mau menerima.

  • Bahasa Tubuh

Dengan “menduplikasi” gaya dan bahasa tubuh mereka…tingkat keberhasilan akan lebih tinggi untuk menjadikan prospek menjadi customer kita. Cara-cara ini bisa diterapkan baik ketika kita berkomunikasi melalui telpon maupun bertemu langsung.

  • Berikan Efek “WOW”

Belajar dari cara-cara zappos.com dalam memberikan pelayanan, apa salahnya  kita juga bisa membuat beberapa kejutan kecil sehingga mereka akan selalu ingat dengan layanan sevice yang diberikan. Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari tenggat yang ditentukan adalah salah satu cara sehingga mereka surprise dengan layanan kita.

 

mungkin ini sedikit resep yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda…barangkali ada yang mau menambahkan?

jabat erat,

mofied
www.kostumbola.com
About these ads

Written by Mofied

September 22, 2011 at 3:41 pm

Ditulis dalam Internet marketing

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. WOW!!!

    ulasannya keren mbah!

    annas

    September 23, 2011 at 6:34 am

  2. makasih suhu…

    mofied

    September 25, 2011 at 12:49 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: