Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

9 Business Model Building Blocks

with 2 comments

Hampir semua tahu bahwa menggeluti dunia bisnis memang asyik  dan menarik. Kenapa saya bisa bilang begitu? ya…karena kita bisa bebas berekspresi untuk menyalurkan hal-hal yang ada di kepala untuk diterapkan dalam keseharian pengelolaan usaha.

Beberapa minggu ini saya ikut sesi kelas yang digalang dan dimentori oleh Mas Kika Syafii selaku CEO alurkria.com. Kelas ini terbagi dalam beberapa sesi dan bersifat jangka panjang untuk mengupas habis tentang apa itu “Business Model” dan bagaimana menerapkannya dalam bisnis kita? Menarik memang, karena saya yang terbiasa berpikir linier dan sepotong-potong menjadi “ngeh” bagaimana sebuah bisnis dikelola secara konperhensif.

Kenapa? karena kita dituntut menggambarkan / memvisualisasi untuk  menciptakan (create), menyampaikan (deliver) dan menangkap (capture) sesuatu yang memiliki nilai (value). salah satu yang dibahas adalah menyusun sembilan building blocks  (diambil dari buku Business Model Generation karangan Alexander Ostewalder dan Yves Pigneur).

sebagai gambaran saya akan memvisualisasikan bagaimana  kostumbola.com  dikelola sebagai berikut:

  • Customer Segment ( CS)

Yaitu menentukan secara pasti siapa-siapa yang akan dilayani untuk menjadi customer kita. Contoh : Klub sepakbola/futsal, fans klub-klub sepakbola dan lain-lain

  • Value Propositions (VP)

Membundling produk atau jasa untuk dikreasikan menjadi suatu nilai spesifik dalam membidik Customer Segment atau diistilahkan USP (unique Selling Point). untuk itu kita harus menentukan apa-apa yang kita tawarkan, apa masalah mereka dan apa kebutuhan mereka. Contoh : Layanan design secara  Customized personality, layanan cepat berkualitas dan lain sebagainya

  • Chanels (CH)

Menggambarkan bagaimana Value Proposition (VP) disampaikan ke Customer Segment (CS), bagaimana cara mengkomunikasikan, bagaimana cara pendistribusiannya dan melalui saluran apa. Contoh : memakai jasa kurir, media online dan lain-lain.

  • Customer Relationship (CR)

Bagaimana unit bisnis kita berhubungan dengan Customer Segment (CS) atau konsumen kita. Contoh: Email, SMS, Website

  • Revenue Streams ( RS)

Yaitu hasil-hasil apa yang kita peroleh dari Value Proposition (VP) yang dikirimkan ke Customer Segment (CS). Misal : Margin penjualan kaos bola / futsal, penjualan sepatu dan lainnya.

  • Key Resources (KR)

Asset apa saja yang kita miliki atau diperlukan untuk dapat menghasilkan Value Proposition (VP) sehingga dapat menghasilkan revenue Stream (RS) . Misal: mesin produksi, tenaga kerja, website.

  • Key Activities (KA)

Tindakan-tindakan apa yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan Value proposition (VP) sehingga menghasilkan Revenue Stream (RS). Misal: Menjaga kualitas produk, sales support dan lains sebagainya.

  • Key Partnership (KP)

Dalam berbisnis tentunya tidak sendirian dan harus menentukan dengan siapa kita berpartner  dan dengan cara apa. contoh : Suplier/vendor, agen dsb.

  • Cost Structure (C$)

yaitu biaya-biaya yang timbul untuk dapat menghasilkan Value Proposition (VP). Contoh : gaji karyawan, biaya operasional dan lain sebagianya.

Demikian sekelumit model canvasing untuk menyusun sembilan blok yang  sesuai dengan bisnis masing-masing sehingga memudahkan untuk menentukan point-point apa saja yang kita lakukan. Bahasan ini akan sangat asyik kalau kita praktekkin langsung dalam simulasi dan selanjutnya kita terjemahkan dalam penerapan bisnis yang sedang kita jalani.

action action action…

Tantangan yang menarik khan?

jabat erat,

Mofied

www.kostumbola.com

About these ads

Written by Mofied

Oktober 14, 2011 at 4:01 pm

Ditulis dalam Umum

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. keren banget ulasannya….
    ayo kapan kumpul lagi!!!

    annasahmad

    Oktober 17, 2011 at 6:11 am

  2. tengkyu mas annas…khan aku juga belajar dari njenengan…

    mofied

    Oktober 19, 2011 at 1:32 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: