Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Ciptakan Situasi

with one comment

Tim "We are Eleven"

Anda pernah kena demam memelihara ikan lohan? beberapa tahun yang lalu sebagian orang berubah jadi penggemar dadakan dengan memelihara ikan yang katanya membawa hoki itu. Harga per ekornya bisa selangit bahkan cenderung tidak masuk akal. Ada lagi beberapa jenis tanaman yang harganya dihitung dari jumlah daunnya yang lagi-lagi mengusik logika akal sehat kita. Jadi trend di kalangan masyarakat sebentar namun baru beberapa tahun merosot harganya. Bahkan sekarang…tanaman itu bisa dibeli dengan “cuma” merogoh kocek belasan ribu rupiah saja.

Dari beberapa contoh kasus diatas, terlihat kepiawaian beberapa pemain yang dengan sengaja menciptakan  situasi seolah-olah komoditas yang diperjual belikan itu mahal dan langka.

Dalam lingkup yang lebih kecil, beberapa pemilik usaha mampu menciptakan situasi untuk menarik perhatian lebih seolah-olah produk atau jasanya yang ditawarkan laris manis dan banyak digemari dengan cara menciptakan kerumuman”.

Lihat… beberapa restoran,  bimbingan belajar, pasar swalayan dan lain-lain sengaja menggratiskan tempat parkirnya bahkan secara ekstrem menyewa beberapa kendaraan biar kelihatan ramai. Salah satu penyedia smartphone membanting harganya sebesar 50% (CMIIW) sehingga mampu menarik perhatian dan menciptakan antrian yang panjang sampai beberapa orang ada yang pingsan…luar biasa !!!

Terlepas dari pro dan kontra dengan teknik-teknik seperti itu, saya ucapkan salut kepada tim marketingnya karena mereka dapat membaca bahkan menciptakan situasi karena (meminjam istilah teman)  tahu betul sifat dasar manusia. Istilah Trend adalah kata penghalusan dari kata latah. Mereka dengan pintarnya menggiring konsumen ke alam bawah sadarnya untuk ikut-ikutan karena yang lain juga beli atau memakai jasanya.

Namun…sebagai pemilik bisnis, kita harus hati-hati dengan cara-cara seperti itu.

Pertanyaan yang harus dijawab adalah, apakah barang/jasa yang kita tawarkan sudah sesuai dengan harga yang kita bandrol. Apakah ada value tersendiri sehingga konsumen mendapat benefit sesuai dengan yang mereka bayar. Karena sangat berbahaya kalau mereka berbondong-bondong antri untuk membeli produk kita tapi barangnya tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Jangan mimpi kalau bisnis kita bisa langgeng!!!.

Komunitas adalah salah satu media untuk membikin kerumunan dan biasanya unsur-unsur emosional sangat dominan. Mereka akan bangga dengan identitasnya dan biasanya  apapun akan dilakukan terutama yang berkaitan dengan perkumpulannya. Beberapa fans fanatik Manchester United rela untuk mengoleksi Jersey berikut atributnya walaupun dibandrol harga tinggi.  Sah-sah saja jika barang yang mereka dapat bermutu tinggi sesuai dengan yang mereka bayar.

Saya selaku owner dari kostumbola.com sadar betul dengan hal itu. Salah satu value yang dikedepankan adalah mampu mengakomodir setiap pesanan yang masuk sesuai yang konsumen inginkan dan salah satu pasar yang digarap berbasis komunitas. Dalam setiap meeting dengan tim produksi selalu ditekankan untuk mengutamakan ketepatan spek, desain dan mutu sesuai keinginan customer. Kenapa begitu ? Karena yang dijual adalah layanan customized dan bukan produk semata.

Salah satu yang tidak bisa saya lupakan adalah ketika salah satu customer mengabadikan momentum ulang tahun pernikahannya… dari cucu sampai kakek berfoto bersama mengenakan seragam bikinan kami. Nyuuss…

Setiap pebisnis mempunyai kiat tersendiri dalam meraih pasar… asal kita smart, care dengan pelanggan dan selalu mengedepankan mutu…apa saja dapat kita raih…Semoga

Jabat Erat,

Mofied

http://www.kostumbola.com

About these ads

Written by Mofied

Januari 10, 2012 at 6:28 pm

Ditulis dalam Umum

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. :)

    tatawarna

    Januari 12, 2012 at 5:09 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: