Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Mr Tarsok

with 4 comments

Tahun depan omzet mau saya naikin  3 kali lipat  !!!” begitu bunyi lembaran resolusi  atau “jika saya resign, pasti usaha makin besar dan bisa finansial freedom”. ditulis dengan semangat 45, dibikin gede-gede,  dan dipampang di dinding. Ngga salah memang, karena setiap akhir tahun pun saya bikin semacam resolusi dan beberapa perencanaan kedepan.

Pada kenyataannya adalah.. apakah harapan-harapan itu bisa terealisasikan seindah yang ditulis ?

Seiring perjalanan waktu, kadang-kadang kita terjebak oleh rutinitas kegiatan sehari-hari. Bahkan lebih parah lagi…kita bikin cita-cita muluk..tapi bingung mau ngapain karena saking banyaknya rencana-rencana yang dibuat sehingga lupa beberapa hal yang direncanakan karena menunda-nunda pekerjaan. Ini yang saya bilang Mr Tarsok atau Si Entar Besok.

Ungkapan “Ah masih lama, entar aja kalau sudah waktunya” sering menjadi alasan utama ketika ditanya progress. Sebenarnya, penyakit-penyakit ini sudah dianggap lumrah bagi kebanyakan orang…dan saya salah satu yang pernah terjangkit virusnya.

Pengalaman  ngelapak di ranah online  kurang lebih dua tahun yang dengan segala aktivitasnya amat sangat menyita waktu dan perhatian. Diawal-awal karena usaha ini dibangun dari nol semua ingin prioritas dan sulit memilah-milah mana duluan yang dikerjakan…ya  marketing, customer service, komplain customer, kontrol produksi  dll dsb sehingga praktis larut dengan aktivitas yang campur aduk. Akhirnya setelah beberapa waktu kemudian baru ngeh dan tersadar karena ternyata ada beberapa rencana yang sifatnya strategis tapi baru dikerjakan belakangan…wew !!!

Dari diskusi dengan beberapa teman dan membaca beberapa literatur, ada tips-tips bagi pelaku usaha bagaimana mengelola waktu dan harus pintar-pintar memilah beberapa zona mana yang harus dilakukan:

  • Tidak mendesak dan tidak penting…saran saya tinggalin yang beginian, karena akan mengganggu aktivitas yang sebenarnya
  • Mendesak dan tidak penting…sekali-kali boleh, tapi jangan keterusan karena akan buang-buang waktu
  • Mendesak dan penting…untuk zona ini, sebaiknya juga jangan sering-sering karena segala sesuatu harus direncanakan dari awal, sehingga tidak dikejar-kejar deadline
  • Tidak mendesak tapi penting…inilah kondisi ideal, direncanakan jauh-jauh hari untuk segera Action secara terukur

Nah, kunci dari semua itu adalah “Lakukan Sekarang !!! ” karena jika terus ditunda, akan lari terbirit-birit ditinggal pesaing…

Pingin sehat, ya mulai olahraga dari sekarang…

Pingin omzet naik, ya banyakin transaksi dari sekarang…

Pingin pinter, ya belajar dari sekarang…

pingin usaha, ya mulai dari sekarang…

Jabat Erat,

Mofied

www.kostumbola.com | Style n Sporty

Written by Mofied

April 29, 2012 at 5:35 pm

Ditulis dalam Umum

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] saya mengatur waktu dan pikiran untuk meraih apa yang saya inginkan. Apakah saya masih suka jadi Mr. Tarsok seperti di artikel […]

    • saya termasuk yang belajar dari njenengan…segala sesuatunya direncanain matang…dan dilaksanakan…tengkyu mas

      Mofied

      Mei 1, 2012 at 3:35 am

  2. Good Sharing Bang Mofied, saya jadi ikut terilhami dari tulisan-tulisan Bang Mofied.

    Salam,

    Hanik Asworo

    Februari 7, 2013 at 4:46 am

    • terima kasih pak hanik..saya masih harus banyak belajar Pak..

      Mofied

      Maret 24, 2013 at 3:16 pm


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

