Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Little Journey

leave a comment »

hari ini adalah tepat 6 bulan kantor saya berbaik hati memberikan bonus libur panjang. setengah tahun lalu saya memang mengajukan cuti besar dengan tujuan salah satunya adalah fokus membenahi bisnis yang sudah dijalani. Kejutan demi kejutan saya temui setelah keenakan kerja menjalankan rutinitas itu-itu saja selama 21 tahun mengabdi :)

Pengalaman pertama adalah menjalankan rencana yang sudah disusun sebelumnya atau istilah kerennya action plan. ibarat mesin diesel…ternyata butuh waktu juga untuk melakukan penyesuaian dan pemanasan. Terbiasa dengan ritme kerja sebelumnya…saya dituntut¬† “menyusun puzzle” mana-mana dulu yang harus dikerjakan diantara list jadwal yang sudah disusun. Agak sedikit crowded walaupun sudah direncanakan mana-mana dulu yang menjadi prioritas.

Tantangan pertama adalah pembenahan di bagian produksi dan operasional. Bentuk-bentuk pendelegasian¬† sudah ditetapkan dan hasilnya… belum sepenuhnya jalan karena belum padunya antar bagian walaupun SOP sudah disosialisasikan. Kadang Sempat mengelus dada karena masih ada beberapa karyawan yang sedikit “bandel”. Menjadi PR tersendiri karena harus rajin-rajin memberi pengertian kepada mereka bahwa kelangsungan usaha sangat ditentukan oleh kelancaran dalam pemenuhan pesanan order yang masuk. Ini penting karena yang saya jual adalah kualitas dan ketepatan baik spek maupun waktu pesanan. Butuh waktu dan kesabaran tinggi karena menanamkan culture perusahaan tidak semudah yang kita tuliskan, tetapi sedikit demi sedikit bisa berjalan sesuai yang ditetapkan.

Keasyikan ngurus bagian operasional akhirnya saya tersadar untuk tidak berlama-lama disini karena ada tugas berikutnya yang lebih penting yaitu memperkuat lini penjualan. Bagian ini saya anggap vital karena hidup matinya sebuah usaha tergantung dari gimana jualan kita. Berbagai jurus yang pernah didapat coba diaplikasikan dan…amazing!!! , bisnis layanan pembuatan kaos bola saya makin dikenal dan jumlah transaksi makin meningkat. Alhamdulillah….

Sudah bisa ditebak….ibarat ayam dan telor, seiring dengan naiknya volume penjualan makin sibuklah bagian produksi untuk memenuhi permintaan customer. Ujian yang sebenarnya datang…kerjaan overload, tuntutan customer makin beragam, pengawasan quality control makin diketatkan dan hasilnya…napas jadi ngos ngosan ;) . Praktis jam kerja jadi abnormal karena rata-tara diatas 18 jam perhari…beda banget kalau kita ngantor yah…!!!

akhirnya saya harus pintar-pintar mengatur ritme baik dari jualannya, produksi, cashflow dan optimalisasi SDM yang ada. Tidak mudah memang dan saya baru ngeh ketika terjun langsung membenahi seluruh lini yang ada.

Ada hal lain yang saya dapat yaitu bagaimana kita menjaga passion. Bahan bakar yang harus terus menyala dikala penjualan drop,  overload produksi, klaim customer, tersendatnya cashflow dll dsb.

berikutnya adalah bagaimana kita mengatur waktu seefisien mungkin dan berdisiplin karena sering terjebak kondisi dimana kita dapat kelonggaran waktu tapi belum dimanfaatkan secara optimal.

Pertempuran belum selesai dan saya yakin waktu 6 bulan ini terlalu sedikit untuk bisa membenahi semua…masih banyak PR PR lain yang belum diselesaikan walaupun saya harus ngantor lagi karena cuti panjangnya sudah habis. Siap-siap mengeluarkan amunisi berikutnya untuk memperkuat bisnis yang baru dibangun ini….

jabat erat,

mofied
owner www.kostumbola.com
Written by Mofied

September 2, 2012 at 7:56 am

Ditulis dalam motivasi

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

