Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Kapan sih kita mulai bisnis?

leave a comment »

pertanyaan ini terutama ditujukan buat saya ketika akan memulai bisnis yang pertama. 

Terasa berat memang. Mungkin karena sudah lama menjadi karyawan yang terbiasa mempunyai penghasilan tetap  setiap bulannya…pagi berangkat ngantor dan pulang sore harinya…begitu seterusnya sampai bertahun-tahun..

lama-lama timbul pikiran kok cuma gini-gini aja sih yang saya lakukan…nyaris tidak ada greget. mau berkarier? lha wong adanya ya itu-itu aja karena buat saya jabatan adalah bukan segalanya.

meminjam istilah dari Pak Hadikuntoro (praktisi bisnis) dia bilang, kalau jadi karyawan terus ya umur kita sudah dibeli oleh perusahaan tempat kita berkerjanah loh…

Kemudian timbul pikiran, apa sih yang bisa saya kerjakan selain rutin berkantor ria…akhirnya pilihan saya jatuh ke bidang wirausaha karena disitu akan banyak yang kita kerjakan walaupun diakui saat ini saya juga masih bekerja tapi minimal ada nilai lebih buat saya sendiri untuk bisa berbuat lebih banyak lagi.

Jadi buat teman-teman pembaca yang bertanya2 kapan untuk memulai bisnis, jawabanya adalah segera !!!

apalagi bagi yang belum memperoleh pekerjaan…ingat: setiap tahun tingkat pengangguran akan bertambah terus karena terus terang  system pendidikan kita masih sebatas mencetak pencari kerja, bukan pencipta lapangan pekerjaan….

lalu apa sih yang dipersiapkan untuk memulai bisnis itu? berikut ada sebagian saran untuk dipraktekkan barangkali berguna:

  • Buatlah Impian

Bidang usaha yang sukses dibangun oleh pebisnis dimulai dari mimpi mereka. Buat sebagian orang dirasa mustahil, tetapi melalui keyakinan yang kuat mereka dapat mewujudkannya. Jangan takut mimpi karena setiap orang berhak untuk memperoleh yang diinginkannya….

  • Ubahlah Mindset

Harus dimulai dari diri sendiri….ubahlah pola pikir dari seorang yang biasa-biasa saja yang cuma pasrah  untuk menjadi orang yang bernilai lebih minimal buat kita sendiri….gampang khan🙂

trus biasakanlah untuk berpikir kreatif karena akan melatih kita untuk tahu apa yang akan kita perbuat. pakailah ilmu The Power of Kepepet (meminjam istilah Pak Purdhie) karena kita akan dipaksa melakukan terobosan-terobosan baru.

Ingat, peluang ada dimana-mana bahkan apa yang dilihat, bisa kita jadikan bisnis…

memperbanyak referensi dengan membaca buku tentang dunia bisnis dan kewirausahaan juga bagus syukur2 bisa ikut training tentang motivasi dan kewirausahaan…

  • Bertemanlah dengan orang yang tepat

siapa yang menjadi teman kita, itulah cermin kita…

jika kita bergaul dengan orang-orang yang pesimis dan kerjaannya selalu  meratapi keadaan bisa ditebak hampir dapat dipastikan kita juga akan seperti mereka…apa mau?

memperbanyak teman yang satu visi atau masuk ke jaringan pelaku bisnis merupakan salah satu penunjang kesuksesan bisnis kita. banyak kok yang bisa kita dapat dari mereka…

disitu kita akan termotivasi untuk dapat seperti mereka dan bisa saling bertukar pikiran. Jangan minder, karena mereka juga sama kok awal mulanya…

  •  Perbanyak Referensi

Kita tentu harus tahu seluk beluk tentang usaha yang akan kita geluti dengan banyak membaca referensi melalui buku atau media.

Pak Purdhie E Chandra (pendiri Primagama) pernah menyarankan untuk menggunakan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) sehingga kita juga dapat belajar dari bisnis yang sudah jalan tapi awas, jangan contek habis mereka…buatlah inovasi-inovasi baru dengan mencontoh mereka…legal kok..

  • Jangan Takut Modal

Banyak orang enggan masuk ke dunia bisnis karena tidak punya modal…ini merupakan alasan klasik yang paling banyak dilontarkan…

ingat, uang yang dipakai kan belum tentu dari punya kita sendiri.

Modal Bisa didapat dari pinjaman, keluarga, teman atau membuat system bagi hasil…asal kita bisa dipercaya, mau kok mereka  join berbisnis dengan kita…

  • Jangan Takut Gagal

sudah lumrah apabila kita melakukan bisnis dan menemui kegagalan…ini menjadi momok yang menakutkan orang sehingga menciutkan nyali mereka untuk memulai bisnisnya.

coba pola pikir kita diubah, lebih menakutkan mana jika kita gagal tapi terus memperbaiki sehingga berhasil dibandingkan dengan tidak mencobanya sama sekali tapi menyesal dibelakang hari?

ambil pelajaran dari setiap kegagalan yang kita dapat. Jangan berlama-lama di satu pintu karena pintu lain masih terbuka…

nah, masih takut gagal?

  • Action Action dan Action

jika kita sudah merencanakan, sudah tahu ilmunya, harus segera action…

buatlah bisnis plan tapi saran saya, jangan terlalu detail karena nggak akan action kalau kebanyakan ngitung…buatlah yang sederhana tetapi aplikatif.

hambatan yang paling besar ternyata dari diri kita sendiri….

oleh karena itu cepat segera action untuk memulai bisnis kita….

GO GO GO !!!

salamsuksessehatselamat,

mofied

Written by Mofied

Desember 14, 2009 pada 1:10 pm

Ditulis dalam Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: