Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Pengalaman Bisnis Pertamaku

with 3 comments

Dimulai sejak SD dengan membantu ibu saya membuat aneka makanan kecil untuk dititipkan ke pedagang pasar.

terus terang saya sangat terinspirasi dengan almarhum Ibu saya, seorang guru TK yang berhenti mengajar karena menderita sakit liver tapi masih bersemangat untuk mengisi waktu sakitnya dengan membuat aneka makanan rumahan, kerajinan tangan skala kecil maupun berdagang kebutuhan sehari-hari di rumah…(terima kasih Ibu)

selulus SMA saya mencoba produksi telur asin dirumah. Sempat diledekin oleh teman karena masih mau bersusah payah menumbuk batu bata untuk merendam telurnya…

karena mendapat tawaran dari Saudara untuk ikut ke Bandung membantu mengelola toko pakaiannya di kawasan pasar induk Gedebage sambil kuliah akhirnya saya tinggalkan bisnis telur asinnya.

Belum sempat kuliah dan baru sebentar mengelola toko pakaiannya, saya mendapat tawaran untuk kerja di Bekasi…

Sebagai anak muda yang baru lulus sekolah ditawari pekerjaan sebagai pegawai BUMN dan mendapat penghasilan tetap, akhirnya saya putuskan untuk menerimanya dengan tetap kuliah sambil kerja…

Bertahun-tahun kerja dengan mindset karyawan yang cuma menerima gaji bulanan dengan rutinitas tetap akhirnya saya berpikiran, wah kalau begini terus ya repot….kapan bisa mengubah nasib saya sendiri lha wong semuanya sudah tersistem sehingga yang didapat ya itu-itu saja…:)

Akhirnya timbul kegairahan baru untuk membangkitkan motivasi saya dalam berbisnis dengan banyak membaca buku tentang dunia kewirausahaan, mencari-cari info mengenai peluang usaha dan rajin menonton acara TV yang berkaitan dengan dunia enterpreneurship.

Saya ingat almarhum ibu saya yang disela-sela sakitnya kok masih mau kreatif dengan bisnisnya sementara saya, yang notabene masih diberi kesehatan kok tidak memanfaatkan waktu saya untuk memberikan nilai lebih minimal buat diri sendiri.

Akhirnya saya putuskan bersama istri untuk merintis membuat usaha snack kering kecil-kecilan dan coklat pralin skala rumahan. Kegiatan ini saya lakukan berdua sepulang kerja dan setelah anak-anak tidur.

Kenapa bisnis kuliner yang saya pilih? karena saya suka makan…bagi saya, bisnis kuliner juga tidak akan mati karena setiap orang butuh makan.

sempat tertipu oleh sales saya sendiri, usaha ini terus saya tekuni walaupun terus terang stamina saya cukup terkuras karena nyaris kurang tidur…

Ada obsesi saya yang lain di bisnis kuliner yaitu membuka warung makan atau kedai. Bermula dari keinginan kuat untuk menerapkan apa yang selama ini saya baca, lihat dan dengar. Saya masih percaya bahwa untuk berbisnis, yang paling sulit adalah waktu memulainya. Saya akan belajar banyak disini….

Terus terang untuk bisnis ini saya tergolong nekat. Berbekal dari minimnya referensi karena cuma mengandalkan feeling tapi Alhamdulillah  sejak bulan Juli yang lalu saya bisa membuka Kedai Lesehan Ayam Goreng Kremes di kawasan perumnas III Bekasi timur. Masih butuh masukan dari para senior yang sudah lebih dulu menggeluti bisnis ini dan perbaikan disana-sini saya percaya usaha ini akan berkembang.

Saat ini saya juga menjadi owner di www.kostumbola.com berupa webstore yang menjual kostum bola beserta perlengkapannya.

Saya berkeyakinan bahwa apabila kita ikhtiar, maka Allah akan membuka pintu rejeki yang selebar-lebarnya…Amiin…

suksessehatselamat,

Mofied

Written by Mofied

Desember 15, 2009 pada 1:03 pm

Ditulis dalam motivasi

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. lanjut Gan..mantabs bener ah.Sukses selalu Selalu Sukses..😉

    Purwokerto

    Desember 15, 2009 at 4:54 pm

  2. Sep deh pak moefid, semoga bisnis-nya makin oke ajahhh ….

    Zuchri

    Desember 17, 2009 at 7:53 am

  3. Kita hanya bisa bantu berdoa,
    Juragan yang harus berusaha dan nanti Tuhan yang menentukan.
    Insya Allah
    Amin.

    eshape

    Januari 17, 2010 at 2:19 pm


Tinggalkan Balasan

