Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Cara-Cara Unik dan Nekat dari Zappos.com Dalam Mendongkrak Penjualan

with 3 comments

Untuk pebisnis online, Anda mungkin pernah mendengar nama zappos.com. Ya, zappos.com adalah peritel sepatu online terbesar di AS yang berbasis di Las Vegas dan didirikan 10 tahun yang lalu.

Dipimpin oleh Tony Hsieh, seorang lelaki berusia 36 tahun lulusan program BA bidang Computing Science dari Harvard University ini berhasil mengorbitkan zappos dari perusahaan start-up biasa menjadi peritel online terbesar dengan omzet 1 milyar dollar US per tahunnya. sesuatu yang luar biasa bukan? ckck…Lalu apa sih keistimewaan dari zappos.com ini selain dari omzetnya yang membuat kita garuk-garuk kepala itu?

Disini saya akan menceritakan bagaimana sih  zappos menerapkan kultur-kultur perusahaan yang luar biasa dan jarang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan mapan sekalipun. Misi yang mereka usung bukan sebagai peritel sepatu terbesar di dunia, melainkan “providing the best online exprerience possible” atau “memberikan pengalaman berbelanja online sebaik mungkin”.

Zappos punya prinsip bahwa mereka harus menyampaikan layanan yang “WOW”, sesuatu yang tidak terbayangkan sebelumnya. Lalu apa saja sih cara-cara unik bin nekat nya itu?

  • Zappos menawarkan “gratis ongkos kirim kembali” selama 365 hari. Bayangkan, konsumen bisa menukarnya selama 1 tahun penuh plus gratis ongkos kirimnya
  • Melakukan kejutan kepada konsumennya. Jika di websitenya tertulis barang akan sampai dalam 4-5 hari, kenyataannya barang bisa juga sampai dalam waktu kurang dari 24 jam
  • Menerapkan hotline service sekaligus mengoperasikan gudangnya selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Nomor hotline nya juga dapat ditemui di setiap halaman websitenya. Alhasil, tercatat zappos menerima 5.000 panggilan telepon dalam satu harinya.

Zappos menerapkan filosofi yang memandang customer service bukan sebagai beban, melainkan invetasi. Bisnis mereka bersumber dari pembelian berulang dari pelanggan dan word of mouth. Alhasil, 75 persen pembelian berasal dari pelanggan lama yang kebanyakan memesan lebih besar dari pesanan pertama. Hebat bukan?

Bagaimana dengan bisnis anda, termasuk web www.kostumbola.com yang baru saya bangun ini…suatu saat mungkin akan mengarah kesana, siapa tahu khan?

(sumber: fauzan.dhezign.com, managementfile.com, techiteasy.org, zappos.com dan lainnya)

suksessehatselamat,

mofied

Written by Mofied

Maret 3, 2010 pada 1:09 pm

Ditulis dalam Internet marketing

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Tetap semangat pak….utk sll memberikan nilai tambah produk kita bagi konsumen.
    Mungkin sudah ada dan sll tumbuh usaha sejenis yg kita jalani,namun itu bukan menimbulkan rasa takut gagal dan menyerah utk menjalaninya tapi malahan memacu kita utk sll kreatif dan inovatif utk memberikan yg terbaik bagi konsumen.
    jangan pernah takut utk mencoba ide2 kita….

    salam sukses selalu & utamakan berpikir positif,

    kristiawan

    Maret 3, 2010 at 5:52 pm

  2. Terima kasih inspirasinya pak…
    Utamanya adalah bagaimana memberikan pelayanan diatas ekspektasi konsumen ya….

    ini wajib juga jadi kultur bisnis kita ya…

    bisa dicoba idenya ….

    annas

    Maret 5, 2010 at 8:48 am

  3. @mas kris: setuju Mas…
    @Pak Annas: terima kasih juga…tulisan2 njenengan juga inspiratif loh…trims atas kunjungannya…

    Mofied

    Maret 14, 2010 at 5:03 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: