Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Small Winning

with 10 comments

Sudah cukup lama saya tidak mengupdate tulisan di blog…akhirnya di sela-sela waktu yang ada saya sempatkan lagi untuk menulis.

Disini saya sedikit bercerita bagaimana sebuah spirit, passion, ketekunan dan proses yang panjang dapat menentukan keberhasilan.

Dimulai dari sebuah keputusan yang sulit yaitu menutup usaha kuliner yang saya geluti berupa Kedai Ayam Goreng di kawasan Perumnas III Bekasi.

Kenapa ditutup? Ternyata bisnis yang cuma dibekali semangat tanpa pengetahuan yang cukup hasilnya ya nggak maksimal, bahkan gagal. Modal habis karena defisit setiap bulannya…bahkan untuk membayar karyawan pun harus merogoh dari kocek sendiri… Keuangan keluarga terganggu. Mungkin ini mirip-mirip cerita dari teman-teman yang menggeluti dunia kewirausahaan.

Sempat merenung pilih bisnis apa lagi yang cocok…karena saya tidak mau terus terpuruk dan merenungi kegagalan.

Saya bertekad, tahun 2010  adalah tahun kebangkitan…kenapa? karena saya harus menata ulang model bisnis apa yang cocok. Akhirnya diputuskan untuk jualan di internet karena passion saya memang disitu…dunia internet dan dunia jual beli.

Dimulai dari keinginan yang kuat untuk menekuni bisnis ini, saya awali dengan mencari literatur2 dan ikut seminar-seminar yang berhubungan dengan dunia online…mencari model mana yang cocok dan sreg di hati karena bisnis di dunia online sangat beragam…baik yang instan (biasanya model beginian cepet ilang) sampai yang berorientasi jangka panjang.

dari yang gaptek sama sekali tentang internet, saya mulai belajar bagaimana sih untuk memulai bisnis ini… ide -ide apa saja sih… sampai bagaimana cara mengelolanya?

rajin berkunjung ke beberapa teman yang sudah eksis juga saya lakukan…karena dengan bertemu praktisi-praktisi seperti mereka, akan menambah skill bukan cuma teori.

Setelah ketemu model bisnis yang sesuai, akhirnya saya putuskan untuk berjualan baju-baju bola dengan membuat web www.kostumbola.com

kenapa ini dipilih, karena saya mempunyai pola pikir yang sederhana yaitu sebagian besar orang baik anak2, dewasa, pria atau wanita kebanyakan suka koleksi yang berkaitan dengan sepak bola. Cuma itu….sederhana khan?

Pertama dibuat pada awal tahun dengan ala kadarnya berbekal sedikit skill yang didapat. Bisa ditebak, hasilnya juga ala kadarnya. Tidak ada seorang pun pembeli yang menghubungi saya.

Berjam-jam browsing setiap hari untuk mencari2 tips-tips sukses juga dilakukan, bahkan sampai dini hari. Sempat berpikiran bener nggak sih bisnis ini, kok sampai 3 bulan web dibuat tapi nggak ada hasil.

Akhirnya saya berfikiran, serahkan pada ahlinya….sehingga dengan dibantu profesional, dimulailah pekerjaan untuk mengupgrade apa-apa yang masih kurang sekaligus mengoptimalkan fitur-fitur yang tersedia.

Hasilnya… sedikit demi sedikit konsumen mulai berkunjung ke web saya dan mulai bertransaksi. Dengan system pendekatan personal dan menjaga kepercayaan pelanggan, omzet mulai kelihatan.

Saat ini, jumlah pengunjung webstore makin bertambah setiap hari. Jumlah transaksi makin banyak. Pelanggan-pelanggan dari Lhokseumawe sampai  Atambua sudah saya layani, bahkan ada pemesan dari negara tetangga yang minta dibuatkan kostum bola untuk klub sepakbolanya. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan.

Saya sebut ini sebagai Small Winning karena bisa mengalahkan diri sendiri untuk terus bersemangat dan bangkit dari keterpurukan. Dari yang gaptek jadi sedikit tahu apa itu jualan di internet. Impian untuk mempunyai webstore yang handal akhirnya bisa didapat.

Tentunya ini baru awal dari perjuangan saya untuk membangun bisnis ini. Masih banyak yang harus dibenahi dimulai dari penguatan branding, penambahan stock, system Inventory, diversifikasi produk, strategi marketing, ketertiban pencatatan keuangan dan lain-lain.

Yang bisa saya petik disini adalah:

  • Mimpi dan niat kita adalah doa kita, dengan keinginan yang kuat…apapun kendalanya…kalau bersungguh-sungguh kita dapat menuai hasil yang diinginkan
  • Keinginan saja tidak cukup…skill, knowledge dan sentuhan dari orang yang sudah berpengalaman mutlak diperlukan untuk mempercepat keberhasilan
  • Perbanyak silaturahmi… karena makin bertambah teman / saudara, akan makin menambah referensi…, Insya Allah akan menambah rejeki dan memperpanjang umur
  • Jaga kepercayaan pelanggan, dengan integritas  dan loyalitas yang tinggi personal branding kita akan makin kuat. Trust yang tinggi mutlak diterapkan dalam berbisnis khan?
  • Hati-hati dengan menjamurnya iklan bombastis cara cepat dan instant kaya dari bisnis internet, jangan percaya….90 % bohong. Semua ada prosesnya lho
  • Mengingatkan lagi bahwa sebaiknya bisnis yang ditekuni disesuaikan dengan passion kita, karena makin tinggi hambatan… makin banyak adrenalin yang diproduksi…berimbas pada keinginan yang kuat untuk mengatasinya

Mohon maaf kalau tulisan ini kurang berkenan dan terkesan menggurui. Saya hanya menceritakan pengalaman yang masih sedikit ini ….barangkali berguna….

suksessehatselamat,

Mofied

Written by Mofied

Juli 9, 2010 pada 4:46 pm

Ditulis dalam motivasi

10 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mantapppppppp Sukses Mulia Selalu buat Mbah Movied..!!

    imed

    Juli 13, 2010 at 2:22 am

  2. Makasih Mas…Panjenengan salah satu suhu saya yang rajin saya repotin untuk tempat tanya-tanya….jempol kwadrat buat coklatmentari nya…

    salam

    mofied

    mofied

    Juli 13, 2010 at 7:47 am

  3. Maju terus pak mofied….

    terus belajar, ngotot terus buat sukses….
    fokus pada impian dan passionnya.

    “Perjalanan ratusan mil harus dimulai dengan satu langkah kecil”

    annas

    Juli 14, 2010 at 2:18 am

  4. Terima kasih Pak Annas atas dorongan spiritnya…

    saya juga banyak belajar dari kesuksesan lamandel…

    bersama2 berjuang membinasakan mental block….

    trims

    salam

    mofied

    mofied

    Juli 15, 2010 at 4:14 am

  5. salut juga sama kakaku yang satu ini, aku tahu banget dulu dia segaptek apa.. ngebedain windows sama office aja dia dulu gak tahu, tapi ngeliat dia sekarang ini, bener2 sallluuut….
    Makasih mas,dari hasil berguru yang cuman semalam dulu, sekarang kita dah bangkit lagi, malah udah bisa bikin camp coffee blend…

    lulu

    Juli 17, 2010 at 10:52 am

  6. Salam Sukses selalu…
    saya sangat kagum dengan postingan2 Anda boss! terima kasih telah banyak berbagi.

    belajar bisnis internet

    Agustus 4, 2010 at 7:21 am

  7. Kiye postingan wis suwe, ning ilmune ora suwe, esih kepenak di waca. Salam sekang bakul tas. Mbok menawa nggo sangu balik. Iya ora? Ya ora.

    Annas M. Yusuf

    Mei 13, 2011 at 5:25 pm

  8. Nih dia contoh orang yang tersambung ke langit..patut diikuti cara-caranya

    Putra

    Juni 8, 2011 at 8:14 am

  9. MAntab pak..! Nyimak sharingnya…

    tasya souvenir

    Oktober 9, 2011 at 4:57 pm

    • terima kasih pak hatta..
      sukses juga buat tasya souvenirnya..

      salam

      mofied

      Mofied

      Oktober 14, 2011 at 12:12 pm


Tinggalkan Balasan

