Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Konsisten atau ambruk?

with 2 comments

Membaca kisah perjalanan para enterpreneur yang sukses membangun bisnisnya sering membuat saya selalu penasaran untuk melihat lebih dalam apa sih kunci keberhasilan mereka?

masing-masing individu memang menempuh jalan berbeda-beda sesuai karakter masing-masing. Tapi ada satu benang merah yang dapat ditarik dari keberhasilan mereka. salah satunya ternyata mereka selalu menjaga kekonsistenan terhadap pilihannya sendiri dengan segala konsekuensinya.

Seorang Bill Gates mempersiapkan dirinya dengan “berlatih” menulis program selama lebih kurang 10.000 jam di awal-awal dia membangun kerajaan bisnis Microsoft nya sehingga menggurita sampai sekarang dan Tony Hsieh  berhasil membangun zappos.com selama kurang lebih 10 tahun.

Steve Jobs (pendiri Apple dan Pixar) pernah berkata di acara wisuda Stanford University yang kira-kira bunyinya begini “Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan. Anda harus menemukan apa yang Anda sukai”.

Nah…itu baru sebagian contoh dimana ‘mereka’ menjalankan apa yang diyakininya.  walaupun tentunya dilalui dengan hambatan dan jatuh bangun.

Saya sering mikir, apa sih yang mereka kerjakan sehingga  berhasil menemukan jalannya?

salah satunya adalah, mereka betah berlama-lama untuk melakukan sesuatu dengan senang hati dan mungkin orang lain tidak mengerjakannya. Mereka tahu apa yang dikerjakannya.

Ya…mereka selalu konsisten dan menjaga passion  yang diubah menjadi energi yang tidak ada habis-habisnya. Kesuksesan materiil bukanlah tujuan utama karena ada yang lebih dari itu.

Memang sudah jamak bahwa dalam berbisnis, apalagi yang masih merintis seperti saya, sering dihadapkan pada kondisi yang tidak sesuai dengan yang diharapkan bahkan bertolak belakang dengan  yang diinginkan.  Jualan sepi, stok numpuk, customer lari dan hambatan-hambatan lain. Bisa ditebak…kebanyakan akan mengalami frustasi, bingung,  dan tidak tahu mau berbuat apa-apa.

Muncul godaan untuk beralih ke bidang lain padahal yang lama belum ditekuni. Begitu seterusnya dan hasilnya bisa ditebak…

Jika kita runut ke belakang…apa sudah betul dengan bisnis yang kita jalani? jangan-jangan cuma ikut-ikutan padahal tidak sesuai dengan bidangnya. Memang kelihatan enak melihat orang yang sudah berhasil menjalankan bisnisnya tanpa tahu betul jatuh bangunnya mereka.

Di awal-awal menjalankan usaha, saya juga mengalami keadaan yang sama. Tertarik menjalankan usaha kuliner dengan berjualan ayam goreng karena melihat kesuksesan kedai lain yang sudah ramai. Praktis cuma ikut-ikutan tanpa pengetahuan yang cukup. Di tengah perjalanannya, saya akhirnya sadar bahwa ini mungkin bukan bidang saya. Belum saatnya saya menekuni bisnis ini…

Dicarilah apa yang sekiranya cocok saya jalani…walaupun dengan susah payah untuk memulainya. Akhirnya dimulailah dengan merintis jualan by online di  www.kostumbola.com seperti sekarang ini. Jatuh bangun di awal memulainya sampai sekarang…tapi saya tetap yakin dengan pilihan itu karena saya merasa inilah “nyawa” saya. Banyak tantangan yang akan dihadapi dan selalu ada hal baru.

sebuah nasehat buat diri sendiri akan terus saya tanamkan yaitu

  • Memelihara kekonsistenan dan menjaga passion serta jangan dulu tergoda dengan yang lain sebelum pondasi kokoh selesai dibangun
  • Disiplin pada diri sendiri terhadap apa yang sudah ditulis dan menulis apa yang sudah dilakukan
  • Mengalokasikan waktu lebih dari yang lain sebagai konsekuensi dari pilihan saya
  • Akan terus belajar untuk memperbaiki kekurangan

Inilah resep yang telah dan akan terus dijalankan sehingga sehingga impian dapat terwujud karena saya sangat menikmati proses…

Ada satu ungkapan terkenal yang saya senangi yaitu

“Stay Hungry. Stay Foolish” (Jangan Pernah Puas. Selalu Merasa Bodoh).

sukses sehat selamat

mofied

Written by Mofied

September 30, 2010 pada 4:41 pm

Ditulis dalam motivasi

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. thanks pak movied…, see on the top.

    Ipung

    Oktober 1, 2010 at 2:13 am

  2. mantap mbah, ayo terus nulis

    Anhar

    Oktober 1, 2010 at 3:31 am


Tinggalkan Balasan

