Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Small is Beautiful

with 3 comments

Sengaja saya tidak bikin resolusi yang muluk-muluk di awal tahun 2011 ini.

Cukup mengembangkan yang sudah ada, membuat beberapa bagian menjadi ramping sehingga tidak ngos-ngosan bila diajak lari kencang.

Teringat pada saat malam pergantian tahun 2009 saya menulis beberapa resolusi tentang pencapaian di tahun 2010. Berbagai rencana disusun di tahun tersebut dari mulai memantapkan bisnis kuliner, bikin usaha bersama, memulai bisnis online sampai mau jadi penulis artikel tetap. Semua pingin dicapai dalam porsi yang sama tetapi tenaga dan waktu terbatas.

Lalu hasilnya ?……Nafsu besar tapi tenaga kurang adalah gambaran saya di tahun 2010 itu. Kedai Ayam Goreng akhirnya saya tutup pada pertengahan tahun, menjalankan bisnis bersama rekan-rekan dijalani dengan berbagai romantika pasang surut sampai sekarang dan menerbitkan artikel di blog cuma bisa dihitung dengan jari. Menyedihkan bukan?

Tetapi tanpa dipungkiri, di tahun itulah saya menemukan passion yang tinggi dengan mengelola webstore www.kostumbola.com . Dicapai dengan susah payah karena dirintis dari nol di tahun itu, Alhamdulillah…walaupun masih beromset kecil dibandingkan dengan pemain lama dan mengalami pasang surut di perjalanannya..grafiknya naik sedikit demi sedikit. Disini saya belum akan menceritakan bagaimana mengelola bisnis ini. Hanya bertukar pengalaman bahwa sah-sah saja kita mempunya cita-cita besar, tetapi jangan lupa untuk tidak meninggalkan apa yang sudah digariskan untuk bersikap: konsisten, menikmati proses dan jangan lupa meminta ridha Nya dari Yang Maha Kuasa. Banyak Pembelajaran disitu antara lain:

  • Saya masih belum konsisten untuk fokus pada suatu bidang karena masih tergoda dengan bisnis-bisnis lain yang kelihatannya wah dan bikin ngiler padahal sumberdaya, stamina dan waktu yang saya punyai masih terbatas
  • Masih pasang surut dalam menjaga passion. Padahal determinasi adalah bahan bakar yang menentukan tujuan kita
  • Membuat rencana-rencana “Besar” tanpa tahu arah tujuannya

Akhirnya, di akhir tahun 2010 dengan berat hati tetapi dengan niat bulat saya mengeliminasi dan memangkas beberapa bisnis untuk  fokus dulu pada satu bidang yaitu mengelola webstore sampai kuat dan stabil. Karena apa? bagi saya pribadi…mengerjakan segala sesuatu yang kita sukai, dimulai dari kecil sampai terbentuk polanya dan sudah mulai jalan karena pasar sudah merespon baik (ditandai dengan bertambahnya pelanggan tetap), kenapa tidak dikelola dengan baik dan tergoda untuk beralih ke yang lain karena iming-iming dengan keuntungan besar?

sekali lagi saya masih teringat dengan nasihat seorang sahabat bahwa menangkap satu kelinci lebih mudah daripada empat sekaligus !!!

Janganlah kita berangan-angan untuk menjadi Sir Richard Branson yang mempunyai banyak perusahaan tanpa tahu bagaimana pertama dia memulainya dengan segala hambatannya.

Janganlah kita berpikir untuk menjadi seorang Bill Gates kalau mengurus bisnis saja kita masih angin-anginan.

Dan janganlah kita berhalusinasi untuk menjadi seorang Tony Hsieh dengan zappos.com nya kalau mengelola stok saja masih amburadul.

Tulisan ini merupakan nasehat buat saya sendiri dari hasil renungan di akhir tahun 2010 sebagai bekal memulai dan menyusun lagi langkah-langkah kecil untuk sebuah cita-cita besar. Amiin Small is Beautiful…. suksessehatselamat, mofied

Written by Mofied

Januari 29, 2011 pada 7:22 pm

Ditulis dalam Umum

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Amin.

    Kika

    Januari 30, 2011 at 3:48 pm

  2. ini curhat atau nyindir ya.. kok pas banget ha ha
    makasih sharingnya om..

    masyon

    Februari 23, 2011 at 4:22 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: