Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Benarkah Bisnis Online Itu Mudah?

with 9 comments

Dalam sebuah obrolan, seorang teman mengatakan bahwa bisnis online itu mudah, Anda tinggal punya web yang ramai dikunjungi, pasang produknya, otomatis order banjir dan uangpun lancar mengalir.

Benarkah?

setahun sudah mengelola webstore , sebuah bisnis  baru yang tidak terpikirkan sebelumnya bahkan membayangkan sebelumnya juga tidak karena saya sebenarnya lahir dari golongan gaptek🙂

Berawal dari sebuah ide untuk memasarkan produk Sports Equipment hasil sharing pengalaman dari beberapa teman yang dengan sukarela untuk berbagi  dan meberikan sentuhan teknis, akhirnya lahirlah www.kostumbola.com

disini saya akan sedikit mengupas sisi lain dari jualan melalui media online. Sengaja tidak akan membahas istilah-istilah yang lazim di dunia online (ex: SEO, analytics, landing page, backlink, convertion rate dll) dan bahasa-bahasa teknis lain karena sudah banyak master-master yang mumpuni untuk membahas ini.

saya hanya akan bercerita tentang hal-hal yang lazim ditemui dan berbagai tips apabila kita akan membuka toko online selain memperbanyak jumlah kunjungan antara lain :

  • Satu kasta antara Sales dan Suplier

Sering kita sebagai pebisnis online hanya memandang satu sisi saja antara ketersediaan barang dan kuantitas penjualannya. Kita bernafsu untuk terus melakukan promo dan menjaring sebanyak mungkin konsumen tetapi lemah dalam antisipasi stok ketersediaan barang. Akhirnya konsumen akan dikecewakan dan dianggap hanya menjual pepesan kosong karena barang yang dipajang tidak tersedia. Cuma berkonsentrasi pada penyediaan barang tapi melupakan jualan juga tidak mungkin jalan.

Ada kesejajaran disini.

  • Trust

tidak bisa ditawar lagi bahwa jualan online adalah bisnis kepercayaan karena konsumen tidak bisa melihat langsung barang kita.

Disini diperlukan “seni” dan “sentuhan” bagaimana meyakinkan konsumen untuk bertransaksi. Pencantuman alamat lokasi, customer service yang handal dan “manusiawi” serta kecepatan respon adalah beberapa tips untuk membuat pembeli mau bertransaksi dengan kita.

  • Perlakukan pelangganmu sebagai pacarmu

Jangan dikonotasikan negatif. Apabila kita betah berlama-lama utuk melayani pertanyaan tentang produk dan layanannya, sekedar menyapa atau cari tahu keinginan mereka akan berdampak bagus sehingga mereka selalu ingat.

Efek yang didapat adalah mereka loyal dengan toko kita sehingga menceritakan ke yang lain. Word Of Mouth adalah kekuatan dahsyat dalam meleverage jualan.

  • Fokus pada apa yang dijual

sering kita melakukan blunder dengan menaruh banyak produk lain jenis biar kelihatan ramai tetapi pembeli dibingungkan karena bertanya-tanya apa sih yang dijual toko online ini?

Dampak  lain adalah kita disibukkan dengan penyediaan stok tertentu walaupun jarang yang membelinya tapi kita diwajibkan untuk menyediakan sesuai  gambar yang ditampilkan.

Pengalaman saya waktu pertama kali launcing web dengan menaruh banyak jenis produk:  kaos oblong, kaos polo, jaket, kaos anak, kaos tim futsal/sepak bola, sepatu bola, sepatu kets, rompi tapi ketika konsumen bertanya tentang ukuran dan warna tertentu, kita tidak bisa menyediakan sehingga banyak stok numpuk di satu sisi dan permintaan yang tidak bisa dipenuhi disisi yang lain.

saat ini kostumbola.com berkonsentrasi untuk menyediakan seragam bola/futsal dan beberapa koleksi dengan memberikan sentuhan nilai tambah.

  • Desain yang simpel

Kadang-kadang pemilik website akan merasa “wah” apabila didalamnya dipenuhi dengan aneka macam plugin yang tidak perlu ditambah tampilan flash disana sini disertai kewajiban untuk registrasi dan segala tetek bengeknya. Dijamin pembeli akan meninggalkan toko kita dan melanjutkan untuk mengklik web lain.

Desain yang bagus adalah sesuatu yang mampu menampilkan dan membuat tampak sederhana (padahal kompleks dan lengkap) serta familier sehingga pengunjung betah berlama-lama untuk berselancar di toko kita.

  • Perlakukan Sebagai Bayi

web yang sering kita update dan kita rawat akan membuat om gugel senang sehingga dia akan tidak sungkan-sungkan untuk menaruh di halaman utama. Ketekunan dan selalu mempelajari hal-hal baru mutlak dilakukan untuk menunjang keberhasilan jualan kita.

mungkin ini sebagian pernak-pernik jika kita ingin membuat toko online yang handal…ternyata ada “hal-hal lain yang harus dipenuhi” dalam pengelolaannya.

barangkali teman-teman lain bisa  menambahkannya sehingga kita saling berbagi.

suksessehatselamat,

mofied

Written by Mofied

Maret 1, 2011 pada 5:21 pm

Ditulis dalam Internet marketing

9 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. trims boss tulisannya…

    Ipung

    Maret 2, 2011 at 2:11 am

    • makasih komennya…
      masalah mudah dan tidak mudahnya relatif gimana kita ngejalaninnya…
      saya hanya mengupas sisi lain dari bisnis yang kita tekuni. semua berpulang kepada kita….

      trims

      mofied

      Maret 2, 2011 at 10:02 am

  2. Ditunggu tulisan selanjutnya, terutama kendala2 teknis yang bapak hadapi di awal.

    Terima kasih.

    kursushomeindustri

    Maret 3, 2011 at 1:29 am

  3. doain saya untuk memelihara semangat untuk nulis terus…
    makasih koment nya…

    salam

    mofied

    mofied

    Maret 6, 2011 at 4:16 pm

  4. yang sudah punya bisnis online gabung juga di http://www.forumjualbeli.co.id – situs jual beli online terlengkap di indonesia.

    forumjualbeli

    Mei 9, 2012 at 4:51 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: