Bisnis Interaktif

catatan kecil tentang perjalanan hidup, bisnis dan hobby

Siapa Elo, Yuk Segera Bangun Reputasi

with 2 comments

Gambar diambil dari google

Gambar diambil dari google

Lagi asyik-asyik ngopi sambil ngebul bareng teman, tiba-tiba ada yang datang ikut nimbrung dan dengan semangat ’45  langsung menawari produknya.

Di lain waktu… lagi sebel mantengin timeline FB karena banyak yang ngeshare status nggak jelas, tiba-tiba ada yang minta request pertemanan. Si “teman baru” ini inbox dengan basa basi mengucapkan terima kasih sudah diapprove. Dia memperkenalkan diri sebagai salah satu member MLM dan ujung-ujungnyanya promosi dengan penawaran yang melangit bla bla bla etc dst. Saudara bukan, teman bukan, kenal sebelumnya juga enggak tapi langsung memberondong dan melakukan “teror” agar kita beli produknya.

 

Siapa Elo ?

Kira-kira kalau yang ginian bikin BETE Khan…

Mungkin ada beberapa yang berhasil menerapkan teknik seperti ini dengan cara bombardir iklan sana sini, spam sana sini, tawarin sana sini dengan menghabiskan budget yang lumayan gede…. tapi apakah efektif?

Nah, sebagai salah satu pelaku yang juga ngelapak di online, ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan dan tentunya bersifat jangka panjang dalam melakukan penjualan.

Yang pertama adalah “Bangun relationship “. Begitu kata beberapa guru bisnis saya. Reputasi yang bagus akan mempermudah untuk menjalin relasi sehingga  lebih mudah dalam mempromosikan produk atau jasa kita. Kenalilah customer Anda, gali kebutuhan mereka, sentuh mereka, sapa mereka, berikan tips-tips sehingga mereka percaya dengan kita. Menampilkan testimoni dari beberapa pelanggan juga bisa mempercepat closing.

Berikutnya adalah “Pancinglah ikan di kolam yang sudah kita buat”. 

Database adalah harta karun dan asset yang sangat berharga. Mengumpulkan, memelihara, dan mengelola data customer sesuai segmen adalah pekerjaan wajib kalau bisnis ingin berjalan lebih lama dan tentunya bisa efektif karena nilai akuisisi transaksinya bisa lebih murah dan lebih mudah untuk repeat order.  Bikinlah jadwal tetap dalam melakukan campaign sehingga lebih terjaga hubungan relasi.

Rata-rata kebanyakan dari kita adalah beriklan dengan “tembak langsung” mendapatkan penjualan. Bahkan mengeluarkan budget lumayan per bulannya demi memperbanyak jumlah, tetapi akan drop jika budget iklannya diturunkan. Kenapa?

Karena orientasinya hanya jangka pendek yaitu transaksi saat itu juga. Padalah masih banyak pekerjaan lain yang dilupakan yaitu bagaimana mengedukasi customer kita, bagaimana men-deliver pekerjaan sehingga mereka puas, bagimana melakukan upsell produk atau jasa kita dan bagimana mereka bisa mereferensikan kepada yang lain.

Ingat, customer bukan cuma sekedar obyek…. yuk perlakukan mereka juga sebagai mitra, sebagai teman, sapa mereka, colek mereka dan kasih pendekatan dengan cara menerapkan penjualan tanpa menjual !

Asyik khan ?

Pekerjaan panjang masih menanti, beberapa pr masih belum dilakukan, segera sruput secangkir kopi dan comot pisang goreng yang masih ngebul sebagai teman kerja…., yuk kita sambung lagi di lain waktu…

mari🙂

 

Jabat Erat,

 

Mofied

Founder kostumbola.com

 

 

 

 

Written by Mofied

Mei 24, 2015 pada 4:11 pm

Ditulis dalam Umum

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. manteep pokoke suhuku satu ini hehehe… suksessss!!

    shembah

    Mei 25, 2015 at 4:26 am

    • suwun kakangmas shembah, gara2 elmu njenengan ki…hehe

      Mofied

      Mei 25, 2015 at 10:20 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: